Blog yang menyediakan berita, spesifikasi ,harga dan informasi terbaru mengenai Smartphone Android Lokal

Minggu, 12 April 2015

Menyambut Kehadiran Jaringan 5G

Menyambut Kehadiran Jaringan 5G | Baru-baru ini setiap vendor smartphone sedang gencar mempromosikan produknya dengan dukungan jaringan 4G LTE. Semua ini dilakukan setiap vendor untuk memberikan kepuasan pada konsumennya dlam mendapatkan produknya. Tidak kalah juga dengan dunia telekomunikasi yang menyediakan jasa seperti penyedia jaringan GSM dan CDMA. Mereka juga turut mengembangkan pelayanannya dalam memberikan jaringan 4G LTE ini. Namun jaringan 4G LTE yang belum merata pemakaiannya dan juga belum semuanya dapat menikmati sensasi dalam menggukan Tipe jaringan ini ternyaa dunia Global telah berlomba-lomba dalam mengembangkan jaringan yang lebih cepat dari 4G LTE. Mereka menamakan jaringan tersebut adalah 5G.
Menyambut Kehadiran Jaringan 5G

5G diklaim akan membuat perbedaan yang sangat signifikan terhadap 4G. Jaringan generasi kelima ini dikatakan juga akan menjadi perbaikan yang sangat  dramatis dijaringan seluler dan selain itu juga akan mengharmonisasi spektrum radio, begitu yang dikatakan Prof Rahim Tafazolli sebagai kepala 5G Innovation Center.
Yang menjadi hal yang paling mendasar atau kuncinya kecepatan 5G dapat dilihat dari harmonisasi spektrum radio. Data ditransmisikan atau dikirim melalui gelombang radio yang kemudian  gelombang radio tersebut dibagi menjadi band, ranges, atau frekuensi yang berbeda. Spektrum frekuensi radio saat ini masih berantakan dan frekuensinya masih belum sempurna yang dapat mempengaruhi kecepatan koneksinya serta reliabilitasnya.
Sinyal navigasi dari penerbangan dan maritim, mobile data dan siaran televisi merupakan masing-masing band yang telah disediakan berbagai jenis komunikasi. Penggunaanya juga ada aturannya. Dan yang mengatur hal seperti itu adalah International Telecommunication Union atau (ITU).
Jaringan 5G sendiri diklaim memiliki kecepatan yang sangat jauh dari  4G LTE. 5G dklaim kecepatannya 100X lebih cepat. Prediksi Pada tahun 2020 akan ada setengah dari 100 miliar pengguna perangkat mobile yang akan terhubung dengan jaringan internet.
Samsung yang melakukan uji coba jaringan 5G dengan kecepatan 1Gbps dapat mendownload film dengan kualitas HD dengan cepat. Sedangkan  kecepatan 800 Gbps seperti mendownload 800 HD film. Selain itu jaringan 5G dapat menjangkau jaringan Luas sehingga perkembangan industri telekomunikasi akan sangat dapat ditunjangnya. Samsung dikabarkan akan meluncurkan uji coba jaringan 5G sementara saat Olimpiade musim dingin ditahun 2018.
Sumber:techno.okezone.com

Menyambut Kehadiran Jaringan 5G Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Al-Hijr

0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *